Cara Memperbaiki Mesin Diesel Susah Hidup
PENJELASAN I
Cara Memperbaiki Mesin Diesel Susah Hidup
Mesin Diesel Susah Hidup – Untuk Memperbaiki Mesin Diesel susah hidup, kita harus meneliti bagian-bagian dari mesin diesel yang mempunyai kemungkinan ada masalah yang menyebabkan mesin diesel susah untuk di hidupkan. yang paling penting kita jangan merasa panik dan kebingungan bila menghadapi masalah tersebut, karena dengan ketenangan kita pasti bisa mengatasi masalah tersebut dengan baik dan benar.
Sebelum kita membongkar total seluruh komponen mesin diesel maka sebaiknya anda untuk coba menganalisa rekam jejak atau kronologi pemakaian pada mesin diesel tersebut. agar kita bisa mengatasi masalah yang ada dengan cepat dan tepat, tidak memakan waktu yang lama dan anda bisa langsung memeriksa komponen yang di duga kuat terdapat masalah.
Bila Mesin Diesel susah untuk di hidupkan maka ada beberapa bagian / komponen mesin diesel yang harus di periksa.berikut ini beberapa langkah yang harus kita lakukan untuk memperbaiki mesin diesel yang susah untuk di hidupkan yaitu :
1. Periksa kondisi bahan bakar, sebelum membongkar komponen yang lain sebaiknya periksa terlebih dahulu tangki bahan bakarnya apakah terdapat solar atau volume bahan bakar telah berkurang dan perlu untuk di isi lagi.kemudian periksa tekanan bahan bakar, apakah tidak ada sumbatan yang mempengaruhi suplai bahan bakar menuju ruang bakar.
2. Periksa sistem kompresi pada mesin diesel anda,Cara yang paling sederhana yang kita lakukan ialah mengengkol mesin diesel dengan pelan kemudian lepas choke rocker arm bersamaan di lepaskanya putaran engkol mesinnya, bila dalam keadaan tersebut mesin masih berputar tanpa ada tekanan balik dari mesin maka bisa di pastikan bila sistem kompresinya telah hilang.bila hal ini terjadi maka yang perlu kita lakukan ialah membongkar silinder cop kemudian cek kondisi klep,bila sudah rusak maka klep harus di ganti dengan yang baru kemudian sekir klep dengan amril agar posisi klep dan bagian silinder cop tidak bocor.bila posisi mesin dalam keadaan darurat maka sebelum kita bongkar coba lakukan langkah berikut ini, yaitu ambil oli mesin yg baru sedikit aja kemudian masukkan ke dalam silinder head melalui filter udara kemidian engkol berulang kali sampai terjadi ada tekanan kompresi, biasanya ada kotoran yang menempel pada klep akan terbawa keluar melalui lubang knalpot sehingga kompresi akan besar kembali.
3. Cek bagian bospom dan nozle, komponen ini adalah bagian untuk mendorong dan menyuplai solar ke bagian ruang bakar, bila salah satu dari ini ada yang macet/ rusak maka mesin diesel akan susah untuk di hidupkan.
4. Periksa bagian dalam mesin yaitu lihat kondisi ring piston dan juga silinder liner/ buring, bila ring piston telah aus maka kompresi akan kecil sehingga mesin diesel akan susah untuk di hidupkan.
Memperbaiki Mesin Diesel susah hidup sebenarnya sangat mudah bila kita sudah mengerti dengan baik sistem atau cara kerja dari mesin diesel tersebut dan komponen pada mesin diesel. dan yang tak kalah penting yaitu perawatan yang berkala serta cara pemakaian pada mesin diesel yang sesuai standar. kadang ada hal yang sebenarnya sepele namun bisa mengakibatkan mesin susah untuk di hidupkan seperti salah memasukkan bahan bakar misalnya, atau bahan bakar telat untuk di isi penuh sehingga suplai BBm terhambat dan ini menyebabkan dalam istilah di lapangan yaitu masuk angin atau pipa bahan bakar kemasukan udara sehingga bahan bakar tidak bisa mengalir lancar, bila hal ini terjadi cukup kendorkan baud pada ujung pipa solar yang ke bospom biarkan solar keluar sedikit untuk menghilangkan udara yang masuk lalu kencangkan kembali baudnya, kemudian mesin diesel sudah siap untuk di hidupkan. maka sebaiknya setiap kali mesin mau di hidupkan maka kita harus mengecek kondisi bahan bakar mesin tersebut, bila sudah berkurang maka isi penuh tangki bahan bakar mesin diesel tersebut.
Untuk beberapa jenis mesin diesel ada yang mempunyai ciri khas bila didalam proses startingnya terlalu pelan maka mesin akan susah hidup oleh karena itu bila akan melakukan proses starting posisi badan harus benar agar tumpuan tenaga besar sehingga mesin akan mudah di hidupkan dan keamanan untuk kita juga lebih terjaga.
Dari beberapa uraian saya di atas maka bisa di ambil kesimpulan bahwa sebenarnya perawatan yang berkala dan kita memakai mesin dengan rasa memiliki saya yakin tidak akan ada masalah yang besar pada performa mesin diesel kita, dan juga selama mau berusaha maka tidak ada yang susah untuk kita bisa belajar mengatasi masalah pada mesin diesel yang kita miliki. sekian dulu dari saya semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua dan bila masih ada kekurangan saya mohon maaf, sampai ketemu lagi pada artikel saya yang selanjutnya selain dari Cara Memperbaiki Mesin Diesel susah hidup.
sumber: http://www.rumahdiesel.com/mesin-diesel-susah-hidup/
PENJELASAN II
4 Penyebab Mesin Diesel Susah Hidup (Plus Solusinya)
Amrie Muchta 7/20/2017
Mesin Diesel Susah Hidup - Mesin sehat yakni mesin yang apabila dihidupkan, hanya perlu satu kali cranking. Artinya, dalam satu kali start mesin harusnya bisa hidup. Jika mesin diesel anda perlu tiga hingga 5 kali start untuk hidup, maka ada masalah ? apa masalahnya ? simak penyebab mesin diesel susah start berikut.
Permasalahan engine yang susah dihidupkan sebenarnya tidak hanya menyerang mesin diesel saja, melainkan mesin berbahan bakar bensin juga rentan terkena masalah ini. tapi dieselah yang kerap kali terserang masalah susah dihidupkan. Alasanya, diesel memiliki siklus kerja lebih ekstrim.
Secara umum ada dua jenis mesin diesel yang bisa kita temui saat ini,
Masalah mesin yang sulit hidup jika distarter, bisa terjadi pada kedua jenis mesin tersebut. Namun dalam beberapa kasus Diesel berteknologi commonrail lebih sensitif sehingga jika tidak dirawat secara tepat bisa mempercepat masalah ini untuk datang.
Penyebab Mesin Diesel Susah Start
Ada beberapa penyebab klasik yang bisa menimbulkan trouble ini, antara lain
1. Tekanan Kompresi yang rendah
Mesin diesel merupakan self combustion engine yang melakukan proses pembakaran tanpa perlu percikan api. Hal ini bisa terjadi karena suhu udara saat dikompresi melebihi titik bakar solar.
Jika tekanan kompresi turun, suhu saat kompresi juga turun otomatis solar akan sulit terbakar. Hal itu menyebabkan mesin yang susah distart.
Tekanan kompresi turun, bisa ditimbulkan karena masa udara didalam ruang silinder berkurang saat langkah kompresi. Hal ini bisa terjadi karena adanya kebocoran pada mesin.
Ada beberapa hal yang bisa menimbulkan kebocoran kompresi antara lain
2. Tekanan bahan bakar menurun
Baik mesin konvensional maupun mesin commonrail sama-sama memerlukan tekanan bahan bakar karena tanpa tekanan bahan bakar, solar tidak akan keluar dari injektor.
Tekanan bahan bakar pada solar juga tak tanggung-tanggung, bisa mencapai 2000 Kg/cm2. Terbayang berapa besar tekanan bahan bakar tersebut, oleh karena itu pada sistem bahan bakar diesel kita melihat selang berbahan besi.
Prinsip kerja diesel fuel system yakni dengan membuka noozle pada injektor saat langkah usaha sehingga solad bertekanan tinggi otomatis keluar dalam bentuk memgabut.
Jika tekanan bahan bakar menurun, otomatis bahan bakar tidak mampu melawan tekanan kompresi, jika mampu keluar pun tidak dalam bentuk mengabut.
Penyebab tekanan solar ini menurun bisa disebabkan oleh kerusakan pompa injeksi. Umumnya, pompa terletak sebelum injektor bisa di blok mesin ataupun dibelakang kepala silinder. Pompa ini bekerja secara mekanis yang digerakan oleh engkol mesin.
Untuk mengetahuinya, kita perlu melakukan pengujian tekanan bahan bakar menggunakan diesel fuel tester.
Selain itu, injektor yang jebol juga bisa menimbulkan tekanan bahan bakar turun. Sistem Commonrail yang kerap kali mendapatkan masalah ini. Pada commonrail kita mengenal sebuah pipa yang memisahkan selang dari pompa dan selang ke injektor. Pipa ini kita kenal sebagai fuel rail yang berfungsi untuk menampung dan membagikan tekanan solar dari pompa injeksi ke injektor.
Apabila salah satu injektor jebol, maka solar akan keluar dari injektor tersebut tanpa terkontrol. Sehingga injektor lain yang masih normal tidak mampu mengabutkan solar.
Kondisi injektor jebol bisa terjadi akibat tidak mampu menahan tekanan solar yang begitu tinggi maupun akibat pembokaran yang tidak SOP. Injektor commonrail itu berbeda dengan injektor konvensional, baik komponen maupun prinsip kerjanya juga berbeda. Sehingga jika diservice dengan asal-asalan bisa mempeburuk kondisi injektor.
3. Busi pijar bermasalah
Busi pijar atau biasa disebut glow plug fungsinya juga cukup penting. Khususnya disaag cold start, glow plug akan membantu suhu kompresi melewati titik bakar solar sehingga bisa terjadi pembakaran.
Busi pijar diperlukan karena saat suhu mesin cukup dingin, misal dipagi hari atau didaerah bermusim dingin, suhu yang dihasilkan kompresi mesin juga akan merambat ketiap komponen mesin.
Hal ini menyebabkan suhu akhir saat solar diinjeksikan ke ruang bakar, tidak mampu melewati titik bakar solar.
Permasalahan engine susah hidup dipagi hari menjadi contoh adanya kerusakan pada komponen glow plug. Namun, masalah ini tidak mempengaruhi kinerja mesin saat suhu normal mesin sudah tercapai, sehingga power akan tetap terjaga walau glow plug bermasalah.
Untuk mengetahuinya, kita perlu melakukan pengecekan dengan memeriksa arus yang masuk ke busi pijar. Jika terngata arus itu ada, maka kita bisa melepas komponen itu satu persatu. Untuk melakukan pengecekan lebih lanjut.
4. Turbocharger bermasalah
Saat ini, mesin diesel sudah mengadopsi teknologi turbo dengan pengaturan khusus (VNT, VGT, VCDI) tiga label ini pasti pernah anda temui pada SUV bermesin diesel.
Apa fungsinya ? yakni mengatur pasokan udara agar tidak overboost dan underboost ditiap kondisi mesin. Pada point sebelumnya, kita membahas pentingnya tekanan kompresi yang tinggi. Turbo juga memberikan asist dengan membantu suplai udara ke mesin sehingga lebih banyak masa udara yang dikompresi.
Jika sistem pengatur ini bermasalah, otomatis kinerja mesin akan terganggu. Masalah yang paling sering yakni underboost atau suplai udara berkurang akibat turbo vane selaku pengatur boost pressure turbo tidak membuka.
Masalah ini terbilang advance karena sulit untuk terdeteksi, untuk mengeceknya juga butuh tools khusus berupa scanner yang mampu mendeteksi posisi turbo vane serta mendeteksi Mass air flow mesin.
Biasanya, ada gejala lain yang mengikuti seperti loss power dan check engine yang menyala. Solusi terbaik, bawalah kendaraan anda ke bengkel resminya untuk melakukan scanning.
Demikian artikel singkat kita mengenai penyebab mesin diesel susah start dipagi hari dan cara mengatasi, semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat.
sumber: https://www.autoexpose.org/2017/07/mesin-diesel-susah-start.html
PENJELASAN III
Ketika Mesin Diesel Sulit di-Starter
Meski dikenal bandel, mobil bermesin diesel tetap butuh perhatian dan perawatan. Kalau tidak, beberapa masalah bakal muncul seperti sulit di-starter. Kalau menghadapi hal tersebut, beberapa langkah ini bisa dicoba.
1. Periksa glow plug
Jika mesin diesel sudah sulit hidup, sangat mungkin biang masalahnya ada pada busi pemanas serta timer yang mengatur lamanya busi pemanas mendapat aliran listrik.
Saat hendak menghidupkan mesin diesel yang dingin, dibutuhkan pemanasan di ruang bakar, yang hal ini menjadi tugas glow plug. Patut dicatat bahwa selain harus mencukupi, panas tersebut juga harus menyebar secara merata. Di sinilah timer dibutuhkan untuk memastikan penyebaran panas benar-benar merata.
2. Periksa timer
Oleh karena itu, pemeriksaan bukan hanya bisa difokuskan pada glow plug, tapi juga pada komponen lain seperti timer. Jika glow plug masih baik namun waktu pemanasannya tidak cukup karena aliran listrik terlalu cepat diputuskan timer, maka panas akan kurang memadai dan merata sehingga jika mesin akan pincang dan mudah mati kembali.
3. Semi overhaul ruang pembakaran
Untuk mengatasi mesin diesel yang sulit di-starter, beberapa hal bisa dilakukan misalnya semi overhaul untuk membersihkan semua kerak sisa pembakaran. Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi klep dan dinding silinder. Demikian halnya kalibrasi injector dan pompa solar perlu dilakukan untuk menormalkan mesin. Jangan lupa menguras tangki solar dan mengganti filter, termasuk filter perangkap air.
4. Periksa kecenderungan “masuk angin”
Hal lain yang bisa membuat mesin diesel sulit di-starter adalah apa yang biasa disebut “masuk angin”, yang mengacu pada kondisi ketika ada udara di dalam sistem atau jaringan bahan bakar.
Kondisi tersebut membuat mobil sulit dihidupkan karena pembakaran mesin diesel disebabkan oleh ledakan sendiri, tanpa pemantik api. Jadi, selama masih ada udara di dalam sistem bahan bakar, mesin akan susah hidup karena volume bahan bakar ke ruang bakar tidak akan sesuai .
Gangguan yang bisa diatasi dengan memompa priming pump hingga terasa keras.
Masuk angin ini disebabkan antara lain karena pernah kehabisan solar yang mengakibatkan angin ikut masuk ke dalam sistem bahan bakar.
Penyebab lainnya adalah karena penggantian komponen di sistem bahan bakar. Komponen tersebut misalnya saringan solar, yang ketika dibuka tentu akan membuat angin masuk ke dalam sistem bahan bakar. [ASP]
https://klasika.kompas.id/ketika-mesin-diesel-sulit-di-starter/
PENJELASAN IV
Mesin diesel susah dihidupkan
By ken dhou 2018/02/08 1 Comment
Mesin diesel duduk sering juga disebut sebagai mesin diesel engkol, mesin dompeng (sepertinya nama ini diambil dari kata dong feng, salah satu merk dari produsen mesin diesel keluaran negeri tirai bambu China) dan mesin diesel satu silinder. Pada edisi kali ini, saya akan membahas tentang mesin diesel susah dihidupkan pada mesin jenis ini karena masih banyak penggunanya sebut saja untuk traktor / bajak sawah ukuran kecil, kompressor angin, pembangkit listrik pedesaan, mesin penyedot pasir hingga untuk pengairan sawah.
Merk yang paling terkenal dari mesin diesel jenis ini adalah Yanmar dan Kubota sebagai pemain lama dan memiliki kualitas yang tidak bisa diragukan lagi karena kedua nama tadi merupakan pabrikan asal negeri matahari terbit Jepang . Kemudian bermunculan merk-merk lain dari China seperti Dong Feng, Da Feng, Jiang Dong, Jiang Yang, Tian Li, Yin Tian dan masih banyak lagi nama-nama lainnya. Dong Feng terlebih dahulu bermain di segmen ini disusul yang lainnya seiring bertambahnya permintaan pasar.
Kembali ke topik pembahasan kita... Hal yang paling menjengkelkan adalah ketika mesin susah dihidupkan ketika sedang dibutuhkan termasuk mesin diesel duduk. Tukang tambal ban akan kebingungan ketika tidak bisa mengisi tabung angin, masyarakat pedesaan yang belum terjamah listrik dari PLN pun akan merasakan hal yang sama ketika mesin diesel pembangkit listrik satu-satunya tidak bisa dihidupkan dan seterusnya.
Apa penyebab-penyebabnya???
1. Berkurangnya kompresi mesin
Mesin diesel adalah mesin Self Combustion (pembakaran sendiri) dan disebut juga Self Ignition Engine. Yang berarti bahwa mesin diesel tidak menggunakan busi seperti pada mesin bensin dikarenakan kompresi yang sangat tinggi pada ruang bakar menghasilkan suhu panas diatas batas normal yang sanggup membakar bahan bakar yang dikabutkan oleh Nosel (langkah penginjeksian).
Jika kepadatan kompresi pada ruang bakar mesin tidak memenuhi syarat maka proses hidup akan menjadi susah. Hal ini bisa disebabkan oleh
* Adanya kebocoran pada Klep.
* Ring Piston, Piston dan atau boring / Liner yang sudah aus.
2. Nosel
Mesin diesel bisa menjadi susah hidup jika nosel tidak dapat mengabutkan bahan bakar dengan sempurna atau bisa juga karena bertekanan terlalu rendah dan sebaliknya (terlalu tinggi). Pemeriksaan yang termudah adalah dengan memasangkan nosel pada selang di luar Silinder head atau Deksel untuk melihat hasil penyemprotannya. Akan lebih memuaskan jika diperiksakan ke mekanik yang memiliki Nosel Tester dan ahli di bidang ini.
Nosel sebaiknya (seharusnya) diganti jika dalam keadaan macet, tetap ngencing (tidak bisa mengabutkan bahan bakar) meski sudah di bersihkan.
3. Pompa Injeksi
Plunger yang sudah lemah tidak dapat memompakan bahan bakar ke dalam Nosel untuk diinjeksikan ke dalam ruang bakar dengan sempurna. Jika hal ini terjadi maka akan sangat sulit menghidupkan mesin diesel. Jika terpaksa dan herus dihidupkan untuk kebutuhan mendesak bisa memancing dengan Oli mesin, solar, minyak tanah atau bensin (dikucurkan secukupnya pada manifold).
Ada 2 cara dalam hal ini
* Buka tutup filter udara lalu tuangkan secukupnya
* Jika ada lobang kecil pada manifold, bisa langsung menuangkan ke dalamnya tanpa membuka tutup filter udara
Catatan : Jangan terlalu sering menggunakan metode ini apalagi bila memakai bensin sebagai materi pemancingnya, dapat mempercepat kerusakan mesin. Lekas perbaiki pompa injeksi.
4. Masuk angin
Adanya angin palsu yang masuk ke dalam bahan bakar juga dapat mengganggu proses penghidupan mesin diesel. Periksa semua jalur bahan bakar dari tangki hingga pompa injeksi. Lakukan bleeding sampai angin benar-benar hilang.
Itulah penyebab-penyebab susahnya mesin diesel dihidupkan. Semoga bermanfaat bagi sobat-sobat yang sedang membaca dan mereka yang mengalami kesulitan serupa pada mesin dieselnya.
Salam Pintar...
sumber: https://www.kendhou.com/2018/02/mesin-diesel-susah-dihidupkan.html
Cara Memperbaiki Mesin Diesel Susah Hidup
Mesin Diesel Susah Hidup – Untuk Memperbaiki Mesin Diesel susah hidup, kita harus meneliti bagian-bagian dari mesin diesel yang mempunyai kemungkinan ada masalah yang menyebabkan mesin diesel susah untuk di hidupkan. yang paling penting kita jangan merasa panik dan kebingungan bila menghadapi masalah tersebut, karena dengan ketenangan kita pasti bisa mengatasi masalah tersebut dengan baik dan benar.
Sebelum kita membongkar total seluruh komponen mesin diesel maka sebaiknya anda untuk coba menganalisa rekam jejak atau kronologi pemakaian pada mesin diesel tersebut. agar kita bisa mengatasi masalah yang ada dengan cepat dan tepat, tidak memakan waktu yang lama dan anda bisa langsung memeriksa komponen yang di duga kuat terdapat masalah.
Bila Mesin Diesel susah untuk di hidupkan maka ada beberapa bagian / komponen mesin diesel yang harus di periksa.berikut ini beberapa langkah yang harus kita lakukan untuk memperbaiki mesin diesel yang susah untuk di hidupkan yaitu :
Tips Memperbaiki Mesin Diesel Susah Hidup
Mesin Diesel Susah Hidup
1. Periksa kondisi bahan bakar, sebelum membongkar komponen yang lain sebaiknya periksa terlebih dahulu tangki bahan bakarnya apakah terdapat solar atau volume bahan bakar telah berkurang dan perlu untuk di isi lagi.kemudian periksa tekanan bahan bakar, apakah tidak ada sumbatan yang mempengaruhi suplai bahan bakar menuju ruang bakar.
2. Periksa sistem kompresi pada mesin diesel anda,Cara yang paling sederhana yang kita lakukan ialah mengengkol mesin diesel dengan pelan kemudian lepas choke rocker arm bersamaan di lepaskanya putaran engkol mesinnya, bila dalam keadaan tersebut mesin masih berputar tanpa ada tekanan balik dari mesin maka bisa di pastikan bila sistem kompresinya telah hilang.bila hal ini terjadi maka yang perlu kita lakukan ialah membongkar silinder cop kemudian cek kondisi klep,bila sudah rusak maka klep harus di ganti dengan yang baru kemudian sekir klep dengan amril agar posisi klep dan bagian silinder cop tidak bocor.bila posisi mesin dalam keadaan darurat maka sebelum kita bongkar coba lakukan langkah berikut ini, yaitu ambil oli mesin yg baru sedikit aja kemudian masukkan ke dalam silinder head melalui filter udara kemidian engkol berulang kali sampai terjadi ada tekanan kompresi, biasanya ada kotoran yang menempel pada klep akan terbawa keluar melalui lubang knalpot sehingga kompresi akan besar kembali.
3. Cek bagian bospom dan nozle, komponen ini adalah bagian untuk mendorong dan menyuplai solar ke bagian ruang bakar, bila salah satu dari ini ada yang macet/ rusak maka mesin diesel akan susah untuk di hidupkan.
4. Periksa bagian dalam mesin yaitu lihat kondisi ring piston dan juga silinder liner/ buring, bila ring piston telah aus maka kompresi akan kecil sehingga mesin diesel akan susah untuk di hidupkan.
Memperbaiki Mesin Diesel susah hidup sebenarnya sangat mudah bila kita sudah mengerti dengan baik sistem atau cara kerja dari mesin diesel tersebut dan komponen pada mesin diesel. dan yang tak kalah penting yaitu perawatan yang berkala serta cara pemakaian pada mesin diesel yang sesuai standar. kadang ada hal yang sebenarnya sepele namun bisa mengakibatkan mesin susah untuk di hidupkan seperti salah memasukkan bahan bakar misalnya, atau bahan bakar telat untuk di isi penuh sehingga suplai BBm terhambat dan ini menyebabkan dalam istilah di lapangan yaitu masuk angin atau pipa bahan bakar kemasukan udara sehingga bahan bakar tidak bisa mengalir lancar, bila hal ini terjadi cukup kendorkan baud pada ujung pipa solar yang ke bospom biarkan solar keluar sedikit untuk menghilangkan udara yang masuk lalu kencangkan kembali baudnya, kemudian mesin diesel sudah siap untuk di hidupkan. maka sebaiknya setiap kali mesin mau di hidupkan maka kita harus mengecek kondisi bahan bakar mesin tersebut, bila sudah berkurang maka isi penuh tangki bahan bakar mesin diesel tersebut.
Untuk beberapa jenis mesin diesel ada yang mempunyai ciri khas bila didalam proses startingnya terlalu pelan maka mesin akan susah hidup oleh karena itu bila akan melakukan proses starting posisi badan harus benar agar tumpuan tenaga besar sehingga mesin akan mudah di hidupkan dan keamanan untuk kita juga lebih terjaga.
Dari beberapa uraian saya di atas maka bisa di ambil kesimpulan bahwa sebenarnya perawatan yang berkala dan kita memakai mesin dengan rasa memiliki saya yakin tidak akan ada masalah yang besar pada performa mesin diesel kita, dan juga selama mau berusaha maka tidak ada yang susah untuk kita bisa belajar mengatasi masalah pada mesin diesel yang kita miliki. sekian dulu dari saya semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua dan bila masih ada kekurangan saya mohon maaf, sampai ketemu lagi pada artikel saya yang selanjutnya selain dari Cara Memperbaiki Mesin Diesel susah hidup.
sumber: http://www.rumahdiesel.com/mesin-diesel-susah-hidup/
PENJELASAN II
4 Penyebab Mesin Diesel Susah Hidup (Plus Solusinya)
Amrie Muchta 7/20/2017
Mesin Diesel Susah Hidup - Mesin sehat yakni mesin yang apabila dihidupkan, hanya perlu satu kali cranking. Artinya, dalam satu kali start mesin harusnya bisa hidup. Jika mesin diesel anda perlu tiga hingga 5 kali start untuk hidup, maka ada masalah ? apa masalahnya ? simak penyebab mesin diesel susah start berikut.
Permasalahan engine yang susah dihidupkan sebenarnya tidak hanya menyerang mesin diesel saja, melainkan mesin berbahan bakar bensin juga rentan terkena masalah ini. tapi dieselah yang kerap kali terserang masalah susah dihidupkan. Alasanya, diesel memiliki siklus kerja lebih ekstrim.
Secara umum ada dua jenis mesin diesel yang bisa kita temui saat ini,
- Diesel Konvensional, yakni menggunakan sistem bahan bakar konvensional. Contoh ; truk dan bus
- Diesel Commonrail, Sudah berteknologi Electric injection, sehingga pasokan bahan bakar lebih terkendali. Contoh ; pada SUV.
Masalah mesin yang sulit hidup jika distarter, bisa terjadi pada kedua jenis mesin tersebut. Namun dalam beberapa kasus Diesel berteknologi commonrail lebih sensitif sehingga jika tidak dirawat secara tepat bisa mempercepat masalah ini untuk datang.
Penyebab Mesin Diesel Susah Start
Ada beberapa penyebab klasik yang bisa menimbulkan trouble ini, antara lain
1. Tekanan Kompresi yang rendah
Mesin diesel merupakan self combustion engine yang melakukan proses pembakaran tanpa perlu percikan api. Hal ini bisa terjadi karena suhu udara saat dikompresi melebihi titik bakar solar.
Jika tekanan kompresi turun, suhu saat kompresi juga turun otomatis solar akan sulit terbakar. Hal itu menyebabkan mesin yang susah distart.
Tekanan kompresi turun, bisa ditimbulkan karena masa udara didalam ruang silinder berkurang saat langkah kompresi. Hal ini bisa terjadi karena adanya kebocoran pada mesin.
Ada beberapa hal yang bisa menimbulkan kebocoran kompresi antara lain
- Keausan dinding silinder
- Keausan ring kompresi
- Kerusakan seal injector
- Klep yang tidak tertutup rapat
2. Tekanan bahan bakar menurun
Baik mesin konvensional maupun mesin commonrail sama-sama memerlukan tekanan bahan bakar karena tanpa tekanan bahan bakar, solar tidak akan keluar dari injektor.
Tekanan bahan bakar pada solar juga tak tanggung-tanggung, bisa mencapai 2000 Kg/cm2. Terbayang berapa besar tekanan bahan bakar tersebut, oleh karena itu pada sistem bahan bakar diesel kita melihat selang berbahan besi.
Prinsip kerja diesel fuel system yakni dengan membuka noozle pada injektor saat langkah usaha sehingga solad bertekanan tinggi otomatis keluar dalam bentuk memgabut.
Jika tekanan bahan bakar menurun, otomatis bahan bakar tidak mampu melawan tekanan kompresi, jika mampu keluar pun tidak dalam bentuk mengabut.
Penyebab tekanan solar ini menurun bisa disebabkan oleh kerusakan pompa injeksi. Umumnya, pompa terletak sebelum injektor bisa di blok mesin ataupun dibelakang kepala silinder. Pompa ini bekerja secara mekanis yang digerakan oleh engkol mesin.
Untuk mengetahuinya, kita perlu melakukan pengujian tekanan bahan bakar menggunakan diesel fuel tester.
Selain itu, injektor yang jebol juga bisa menimbulkan tekanan bahan bakar turun. Sistem Commonrail yang kerap kali mendapatkan masalah ini. Pada commonrail kita mengenal sebuah pipa yang memisahkan selang dari pompa dan selang ke injektor. Pipa ini kita kenal sebagai fuel rail yang berfungsi untuk menampung dan membagikan tekanan solar dari pompa injeksi ke injektor.
Apabila salah satu injektor jebol, maka solar akan keluar dari injektor tersebut tanpa terkontrol. Sehingga injektor lain yang masih normal tidak mampu mengabutkan solar.
Kondisi injektor jebol bisa terjadi akibat tidak mampu menahan tekanan solar yang begitu tinggi maupun akibat pembokaran yang tidak SOP. Injektor commonrail itu berbeda dengan injektor konvensional, baik komponen maupun prinsip kerjanya juga berbeda. Sehingga jika diservice dengan asal-asalan bisa mempeburuk kondisi injektor.
3. Busi pijar bermasalah
Busi pijar atau biasa disebut glow plug fungsinya juga cukup penting. Khususnya disaag cold start, glow plug akan membantu suhu kompresi melewati titik bakar solar sehingga bisa terjadi pembakaran.
Busi pijar diperlukan karena saat suhu mesin cukup dingin, misal dipagi hari atau didaerah bermusim dingin, suhu yang dihasilkan kompresi mesin juga akan merambat ketiap komponen mesin.
Hal ini menyebabkan suhu akhir saat solar diinjeksikan ke ruang bakar, tidak mampu melewati titik bakar solar.
Permasalahan engine susah hidup dipagi hari menjadi contoh adanya kerusakan pada komponen glow plug. Namun, masalah ini tidak mempengaruhi kinerja mesin saat suhu normal mesin sudah tercapai, sehingga power akan tetap terjaga walau glow plug bermasalah.
Untuk mengetahuinya, kita perlu melakukan pengecekan dengan memeriksa arus yang masuk ke busi pijar. Jika terngata arus itu ada, maka kita bisa melepas komponen itu satu persatu. Untuk melakukan pengecekan lebih lanjut.
4. Turbocharger bermasalah
Saat ini, mesin diesel sudah mengadopsi teknologi turbo dengan pengaturan khusus (VNT, VGT, VCDI) tiga label ini pasti pernah anda temui pada SUV bermesin diesel.
Apa fungsinya ? yakni mengatur pasokan udara agar tidak overboost dan underboost ditiap kondisi mesin. Pada point sebelumnya, kita membahas pentingnya tekanan kompresi yang tinggi. Turbo juga memberikan asist dengan membantu suplai udara ke mesin sehingga lebih banyak masa udara yang dikompresi.
Jika sistem pengatur ini bermasalah, otomatis kinerja mesin akan terganggu. Masalah yang paling sering yakni underboost atau suplai udara berkurang akibat turbo vane selaku pengatur boost pressure turbo tidak membuka.
Masalah ini terbilang advance karena sulit untuk terdeteksi, untuk mengeceknya juga butuh tools khusus berupa scanner yang mampu mendeteksi posisi turbo vane serta mendeteksi Mass air flow mesin.
Biasanya, ada gejala lain yang mengikuti seperti loss power dan check engine yang menyala. Solusi terbaik, bawalah kendaraan anda ke bengkel resminya untuk melakukan scanning.
Demikian artikel singkat kita mengenai penyebab mesin diesel susah start dipagi hari dan cara mengatasi, semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat.
sumber: https://www.autoexpose.org/2017/07/mesin-diesel-susah-start.html
PENJELASAN III
Ketika Mesin Diesel Sulit di-Starter
Meski dikenal bandel, mobil bermesin diesel tetap butuh perhatian dan perawatan. Kalau tidak, beberapa masalah bakal muncul seperti sulit di-starter. Kalau menghadapi hal tersebut, beberapa langkah ini bisa dicoba.
1. Periksa glow plug
Jika mesin diesel sudah sulit hidup, sangat mungkin biang masalahnya ada pada busi pemanas serta timer yang mengatur lamanya busi pemanas mendapat aliran listrik.
Saat hendak menghidupkan mesin diesel yang dingin, dibutuhkan pemanasan di ruang bakar, yang hal ini menjadi tugas glow plug. Patut dicatat bahwa selain harus mencukupi, panas tersebut juga harus menyebar secara merata. Di sinilah timer dibutuhkan untuk memastikan penyebaran panas benar-benar merata.
2. Periksa timer
Oleh karena itu, pemeriksaan bukan hanya bisa difokuskan pada glow plug, tapi juga pada komponen lain seperti timer. Jika glow plug masih baik namun waktu pemanasannya tidak cukup karena aliran listrik terlalu cepat diputuskan timer, maka panas akan kurang memadai dan merata sehingga jika mesin akan pincang dan mudah mati kembali.
3. Semi overhaul ruang pembakaran
Untuk mengatasi mesin diesel yang sulit di-starter, beberapa hal bisa dilakukan misalnya semi overhaul untuk membersihkan semua kerak sisa pembakaran. Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi klep dan dinding silinder. Demikian halnya kalibrasi injector dan pompa solar perlu dilakukan untuk menormalkan mesin. Jangan lupa menguras tangki solar dan mengganti filter, termasuk filter perangkap air.
4. Periksa kecenderungan “masuk angin”
Hal lain yang bisa membuat mesin diesel sulit di-starter adalah apa yang biasa disebut “masuk angin”, yang mengacu pada kondisi ketika ada udara di dalam sistem atau jaringan bahan bakar.
Kondisi tersebut membuat mobil sulit dihidupkan karena pembakaran mesin diesel disebabkan oleh ledakan sendiri, tanpa pemantik api. Jadi, selama masih ada udara di dalam sistem bahan bakar, mesin akan susah hidup karena volume bahan bakar ke ruang bakar tidak akan sesuai .
Gangguan yang bisa diatasi dengan memompa priming pump hingga terasa keras.
Masuk angin ini disebabkan antara lain karena pernah kehabisan solar yang mengakibatkan angin ikut masuk ke dalam sistem bahan bakar.
Penyebab lainnya adalah karena penggantian komponen di sistem bahan bakar. Komponen tersebut misalnya saringan solar, yang ketika dibuka tentu akan membuat angin masuk ke dalam sistem bahan bakar. [ASP]
https://klasika.kompas.id/ketika-mesin-diesel-sulit-di-starter/
PENJELASAN IV
Mesin diesel susah dihidupkan
By ken dhou 2018/02/08 1 Comment
Mesin diesel duduk sering juga disebut sebagai mesin diesel engkol, mesin dompeng (sepertinya nama ini diambil dari kata dong feng, salah satu merk dari produsen mesin diesel keluaran negeri tirai bambu China) dan mesin diesel satu silinder. Pada edisi kali ini, saya akan membahas tentang mesin diesel susah dihidupkan pada mesin jenis ini karena masih banyak penggunanya sebut saja untuk traktor / bajak sawah ukuran kecil, kompressor angin, pembangkit listrik pedesaan, mesin penyedot pasir hingga untuk pengairan sawah.
Merk yang paling terkenal dari mesin diesel jenis ini adalah Yanmar dan Kubota sebagai pemain lama dan memiliki kualitas yang tidak bisa diragukan lagi karena kedua nama tadi merupakan pabrikan asal negeri matahari terbit Jepang . Kemudian bermunculan merk-merk lain dari China seperti Dong Feng, Da Feng, Jiang Dong, Jiang Yang, Tian Li, Yin Tian dan masih banyak lagi nama-nama lainnya. Dong Feng terlebih dahulu bermain di segmen ini disusul yang lainnya seiring bertambahnya permintaan pasar.
Kembali ke topik pembahasan kita... Hal yang paling menjengkelkan adalah ketika mesin susah dihidupkan ketika sedang dibutuhkan termasuk mesin diesel duduk. Tukang tambal ban akan kebingungan ketika tidak bisa mengisi tabung angin, masyarakat pedesaan yang belum terjamah listrik dari PLN pun akan merasakan hal yang sama ketika mesin diesel pembangkit listrik satu-satunya tidak bisa dihidupkan dan seterusnya.
Apa penyebab-penyebabnya???
1. Berkurangnya kompresi mesin
Mesin diesel adalah mesin Self Combustion (pembakaran sendiri) dan disebut juga Self Ignition Engine. Yang berarti bahwa mesin diesel tidak menggunakan busi seperti pada mesin bensin dikarenakan kompresi yang sangat tinggi pada ruang bakar menghasilkan suhu panas diatas batas normal yang sanggup membakar bahan bakar yang dikabutkan oleh Nosel (langkah penginjeksian).
Jika kepadatan kompresi pada ruang bakar mesin tidak memenuhi syarat maka proses hidup akan menjadi susah. Hal ini bisa disebabkan oleh
* Adanya kebocoran pada Klep.
* Ring Piston, Piston dan atau boring / Liner yang sudah aus.
2. Nosel
Mesin diesel bisa menjadi susah hidup jika nosel tidak dapat mengabutkan bahan bakar dengan sempurna atau bisa juga karena bertekanan terlalu rendah dan sebaliknya (terlalu tinggi). Pemeriksaan yang termudah adalah dengan memasangkan nosel pada selang di luar Silinder head atau Deksel untuk melihat hasil penyemprotannya. Akan lebih memuaskan jika diperiksakan ke mekanik yang memiliki Nosel Tester dan ahli di bidang ini.
Nosel sebaiknya (seharusnya) diganti jika dalam keadaan macet, tetap ngencing (tidak bisa mengabutkan bahan bakar) meski sudah di bersihkan.
3. Pompa Injeksi
Plunger yang sudah lemah tidak dapat memompakan bahan bakar ke dalam Nosel untuk diinjeksikan ke dalam ruang bakar dengan sempurna. Jika hal ini terjadi maka akan sangat sulit menghidupkan mesin diesel. Jika terpaksa dan herus dihidupkan untuk kebutuhan mendesak bisa memancing dengan Oli mesin, solar, minyak tanah atau bensin (dikucurkan secukupnya pada manifold).
Ada 2 cara dalam hal ini
* Buka tutup filter udara lalu tuangkan secukupnya
* Jika ada lobang kecil pada manifold, bisa langsung menuangkan ke dalamnya tanpa membuka tutup filter udara
Catatan : Jangan terlalu sering menggunakan metode ini apalagi bila memakai bensin sebagai materi pemancingnya, dapat mempercepat kerusakan mesin. Lekas perbaiki pompa injeksi.
4. Masuk angin
Adanya angin palsu yang masuk ke dalam bahan bakar juga dapat mengganggu proses penghidupan mesin diesel. Periksa semua jalur bahan bakar dari tangki hingga pompa injeksi. Lakukan bleeding sampai angin benar-benar hilang.
Itulah penyebab-penyebab susahnya mesin diesel dihidupkan. Semoga bermanfaat bagi sobat-sobat yang sedang membaca dan mereka yang mengalami kesulitan serupa pada mesin dieselnya.
Salam Pintar...
sumber: https://www.kendhou.com/2018/02/mesin-diesel-susah-dihidupkan.html
Mesin mau hidup ada suara bantingannya
BalasHapusGan mau tanya merk ratna china kalau pagi apa lagi musim hujan mesin susah di hidupkan tapi kalau sudah panas mudah di hidupkan
BalasHapusMohon pencerahanya
Mesin traktor sawah
Kalau memang dingin bisa d engkol kosong istilah lapangannya.
HapusMau tanya nich gan.....aq pakai mesin duduk merk ninja eguine buatan china.....beberapa hari yg lalu memang saya agak terlambat untuk memenuhi bahan bakarnya ( solar ) tapi sekarang bahan bakarnya ( solar ) sudah penuh bisa nyala cuma sebentar trus tenaganya kayak berkurang habis itu mati dengan sendirinya....aq hidupkan kembali mesinnya sampai lebih 5 kali gak bisa hidup dan saluran solarnya pun aq da cek n waktu di hidupkan ( engkol ) solar gak mau jalan.
BalasHapusMohon pencerahannya
buang anginnya dg melonggarkan baut ledeng solar yang biasanya ukuran baut 18/19mm setelah anginnya habis putar ke kanan untuk merapatkan bautnya kembali
HapusJual mesin & sparepart mesin diesel kubota.
BalasHapushttps://niagakita.id/product-category/mesin-diesel-kubota/
Malam master saya punya mesin diesel domfeng kalau mau dihidupkan selalu susah dihidupkan dan dipancing dulu baru hidup, kira2 kendalanya apa ya? Pada hal noselnya baru
BalasHapusVideo tutorial perbaikan mesib diesel kubota.
BalasHapushttps://niagakita.id/video-tutorial-perawatan-perbaikan-mesin-diesel-kubota/
Nozel tdk mau mengumbun
BalasHapusDari cup clinder mesin hidup normal nyembur/ keluar oli
BalasHapusHallo Gan...
BalasHapusSaya punya mesin Dongfeng. Tapi sulit engkol dan berat saat engkol. Kira-kira apa masalahnya...?
Terima kasih.
Mau tanya bosq mesin saya perkins 6TG2AM SABRE SUSAH HIDUP SDH SAYA PRIKSA SMUA... CMA GAK BISA HIDUP..KIRA* PENYEBABNYA APA YHA..?! 🙏
BalasHapusMalm Pak,Mesin Diesel 8 pk sering Ku mancing,tapi hidupnys selalu di pancing bensin,padahal prespom saya sdh ganti baru,kira kira apa masalahnya? Terimakasih.
BalasHapusMaksud sya mesinnya sya pake buat mancing ikan di laut,tapi hidupnya harus di pancing dulu..
BalasHapus