Cara Mengatasi Mobil Diesel Kurang Bertenaga

PENJELASAN I
5 Penyebab Mesin Diesel Kurang Bertenaga + Solusinya
Amrie Muchta  7/20/2017

Sebagai pemilik mobil, kita pastinya sangat sensitif terhadap perubahan yang terjadi pada mobil kita. Apalagi jika kita termasuk orang awam yang belum mengerti seluk beluk mesin. Ada keluhan sedikit saja kita akan mencari tahu penyebannya kesana kemari. Salah satu keluhan yang sering terjadi pada Mobil Diesel yakni tenaganya yang terasa drop. Lantas apa saja penyebab mesin diesel kurang bertenaga dan bagaimana cara mengatasinya ?



Dalam sebuah mobil, ada berbagai sistem yang saling berkaitan untuk menunjang performa mobil agar maksimal. Jika salah satu sisi mengalami masalah, maka seluruh sistem akan terganggu. Hal ini lah yang terjadi ketika mobil anda kurang bertenaga. Bisa saja berasal dari mesin ataupun dari sistem lainya.

Secara umum ada tiga komponen utama dalam mobil, yakni


  • Mesin
  • Powertrain
  • Kelistrikan



Jika ketiga komponen diatas dalam keadaan OK, maka mobil anda tidak bermasalah dan mampu melaju dengan kencang. Namun jika salah satu masalah dari tiga komponen diatas mengalami failure maka bisa saja tenaga mobil anda akan loyo.

Kelompok mesin dan powertrain adalah dua komponen yang sering menimbulkan permasalahan terkait output mobil. Namun untuk sekarang dimana teknologi diesel comonrail telah menjamur, kelistrikan mobil terutama mesin lebih rewel.

Sehingga kita kerap dibuat bingung, dengan kondisi mesin masih baru namun tenaga hilang. Biasanya, hanya meninggalkan lampu check engine berwarna orange yang menyala pada dasboard.

Langkah awal untuk memastikan dari mana penyebab mobil diesel anda hilang tenaga, yakni dengan menganalisa histori dari mobil trersebut. Apakah gejala loss power ini muncul setelah anda melakukan perbaikan komponen tertentu ? bisa saja efek loss power tadi muncul akibat pemasangan komponen yang tidak sesuai.

Namun, jika history mobil anda baik-baik saja itu bertanda ada masalah baik pada sektor mesin maupun sektor powertrain. Apa penyebabnya ?


Penyebab Mobil Kurang Bertenaga

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan sebuah kendaraan bermesin diesel loyo. Pertama penyebab pada daerah mesin.

1. Turbo Vane Bermasalah

Hampir semua mesin diesel produksi tahun 2000 keatas sudah mengadopsi sistem Turbo Intercooler. Fungsinya untuk memaksimalkan suplai udara bersuhu dingin ke ruang bakar agar tekanan kompresi yang dihasilkan cukup tinggi. Hasilnya HP mesin akan terdongkrak.

Pada mesin diesel terbaru, lebih modern lagi. Karena sudah dibekali teknokogi variable turbo van. Jika anda melihat body belakang Fortuner maka akan ada label VNT, atau VGT pada Pajero. Fungsinya untuk mengatur besaran tekanan udara yang disuplai oleh turbo ke mesin. Sehingga mesin mampu memaksimalkan RPM tertingginya.

Namun, saat komponen pengatur atau yang biasa kita sebut Solenoid turbo ini bermasalah, maka suplai udara ke ruang bakar juga bermasalah.

Solenoid bekerja membuka katup aliran udara saat mesin membutuhkan daya besar dan menutup aliran udara saat kondisi idle. Jika Solenoid tidak mampu membuka, maka aliran udara akan kurang atau underboost. Sehingga mesin akan berkurang tenaganya.

Kondisi solenoid valve yang bermasalah hanya bisa dideteksi menggunakan alat scan berbasis komputer. Untuk memperbaikinya, perlu dilakukan pembongkaran dan pembersihan komponen. Namun jika ada masalah pada sirkuit elektriknya, mau tidak mau anda harus mengganti komponen ini.

2. Tekanan Kompresi Menurun

Mesin diesel merupakan self combustion engine. Artinya pembakaran terjadi secara otomatis tanpa dipicu oleh busi. Pembakaran bisa terjadi karena tekanan kompresi yang begitu tinggi hingga suhunya melampaui titik bakar solar.

Namun, jika tekanan kompresi pada diesel turun maka pembakaran mesin berelangsung tidak sempurna. Sehingga tenaga mesin akan terasa loyo dan suara mesin juga terdengar ngobos.
Penurunan tekanan kompresi bisa disebabkan oleh keausan silinder dan ring kompresi. Dinding silinder yang aus, akan menyebabkan celah antara ring dengan silinder membesar. Sehingga saat langkah kompresi, udara dari ruang bakar banyak yang keluar lewat celah ini. Selengkapnya simak, Ciri-ciri mesin bocor kompresi

Solusinya, anda perlu membubut ulang silinder mesin dan mengganti satu set ring kompresi. Untuk melakukan pekerjaan ini, bisa memakan waktu lama karena posisi komponen ada di jantung mesin. Sehingga untuk melepasnya perlu dilakukan overhoule total.

3. Injektor Stuck/Macet

Ada dua jenis mesin diesel yakni Direct injection dan indirect injection. Perbedaannya hanya terletak pada ruang bakar. Namun untuk injektor, keduanya sama prinsipnya.

Injektor bekerja dengan mengabutkan solar bertekanan tinggi ke ruang bakar saat langkah usaha/pembakaran. Dalam hal ini tekanan injeksi haruslah besar, karena akan disemprotkan saat mesin sedang kompresi.

Jika ada gangguan pada injektor, misal terdapat sumbatan pada noozle injektor maka tekanan injeksi dan volume solar yang disuplai ke ruang bakar akan terganggu. Otomatis, pembakaran berlangsung kurang pas dan imbasnya pada kurangnya tenaga mesin.

Pada mesin diesel modern ada dua hal yang mempengaruhi hal ini, pompa injeksi dan injektor. Pompa injeksi pada common rail bersifat continued suply. Artinya akan memompa sedara terus menerus saat mesin hidup. Jika tekanan berkurang, otomatis hal diatas yang akan terjadi.

Sementara injektor, memiliki sebuah noozle yang tertutup oleh katup solenoid. Jika solenoid terbuka, maka solar bertekanan akan keluar mengabut karena lubang noozle sangat kecil tapi banyak (multipoint). Jika lubang noozle tersumbat debu/kotoran otomatis kejadiannya seperti diatas.

4. Kampas Kopling Habis

Jika anda punya mobil bertransmisi manual, anda pasti sering mengalami hal ini. Kampas kopling mobil berbeda dengan motor. pada kendaraan roda empat, kampas kopling yang dipakai berjensi single plate yang bersifat kering.

Cara kerjanya, saat pedal tidak ditekan maka kampas kopling akan tertekan oleh pressure plate sehingga daya mesin terhubung ke transmisi. Jika pedal ditekan, kampas kopling akan terbebas.

Terkadang, kita sering menggunakan kopling setengah. Dalam hal ini, posisi kampas kopling ngambang, terbebas juga tidak tertekan juga tidal maksimal.

Hasilnya, tenaga akan tersalurkan ke transmisi namun tidak sebesar RPM mesi, atau dengan kata lain ada gesekan antara kampas kopling dan plat. Dalam waktu singkat, kampas kopling akan termakan dan habis. Jika gejala kampas kopling tipis ini muncul maka tenaga mesin akan sulit tersalurkan ke transmisi walau pedal tidak tertekan sedikitpun.

5. Pengaruh Ban Besar




Ban dengan rim dan tapak lebar, memang terlihat kokoh dan gagah. Ban-ban seperti ini biasanya ada pada mobil-mobil SUV. Namun ban lebar, perlu tenaga lebih untuk menggerakanya.

Memang mesin diesel dikenal memiliki tenaga yang besar. namun lihat juga spesifikasinya. Mesin diesel berspesifikasi rendah jika digunakan untuk ban besar juga akan terasa berat.

Spesifikasi ban dari pabrikan sebenarnya sudah disesuaikan dari beberapa aspek, baik aspek keiritan atau aspek tenaga mesin. Jika kita melakukan perubahan spesifikasi ban maka akan ada pengaruh.

Apabila mesin diesel anda berkapasitas besar, mungkin pengaruhnya tidak akan terasa. Namun jika kapasitasnya kecil ?

Dari kelima penyebab mesin diesel loss power diatas, mungkin masih ada penyebab lain. Cara terbaik untuk mendeteksi letak masalah yakni dengan membawanya ke bengkel.

Untuk mesin diesel commonrail pasti akan dilakukan proses scanning untuk menentukan trouble shooting mesin. Juga pemeriksaan terkait chasis akan dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi powertrain apakah masih layak atau ada komponen yang perlu diganti.

Untuk penyebab keempat dan kelima, solusinya yakni replacing atau penggantian komponen. Jika hal ini diabaikan, masalah akan merembet ke sektor lain.

Demikian artikel kali ini mengenai penyebab mesin diesel kurang bertenaga. Semoga bisa menjadi referensi dan menambah wawasan otomotif kita.

sumber: https://www.autoexpose.org/2017/07/mesin-diesel-kurang-bertenaga.html


PENJELASAN II
[100% Ampuh] Cara Mengatasi Tenaga Mesin Diesel Berkurang
[100% Ampuh] Cara Mengatasi Tenaga Mesin Diesel Berkurang – Dalam hal ini Mesin diesel merupakan mesin yang menggunakan sistem bahan bakar solar. Yang biasanya mesin tersebut di terapkan pada mobil-mobil yang sering membawa dalam muatan misalnya mobil truck, karena dalam hal ini mesin diesel sangat terkenal dengan memilii power yang terbilang cukup besar. Dan selain itu juga pada mesin diesel ini terkenal bandel dan jarang rewel dalam urusan perawatannnya. Maka oleh sebab itu terkadang pemilik mobil yang bermesin diesel ini jarang sekali melakukan pengecekan dan perawatan secara berkala.

Apabila hal tersebut terjadi maka biasanya pada mobil akan mengalami mogok atau hanya sekedar hilang tenaga saja. Kenapa pada mesin diesel yang sangat terkenal dengan bandelnya?? Hal ini meungkin salah satunya yaitu pada mesin diesel menggunakan pengapian otomatis. Sistem pengapian ini sebuah keuntungan besar dari mengendarai mobil atau truk didukung oleh mesin diesel ialah bahwa bakar diesel otomatis menyala. Keuntungan ini memberikan banyak manfaat besar karena dengan tidak memerlukan busi atau kawat, biaya pemeliharaan secara keseluruhan mobil secara signifikan menurunkan dibandingkan dengan mobil dan truk bensin.

Meskipun mesin diesel menggunakan pembakaran 4 langkah, siklus seperti mesin bensin “intake, kompresi, pembakaran dan pembuangan” langsung menyuntikan bahan bakar ke ruang bakar. Panasnya udara terkompresi kemudian menyalakan bahan bakar memberikan manrfaat besar tidak memerlukan busi untuk menyalakan bahan bakar. Keuntungan ini memungkinkan mesin untuk mengandalkan komponen lebih sedikit untuk melanjutkan operasi dan memberikan keuntungan besar kepada konsumennya.

Nah lalu bagaimana mengatasi mesin diesel berkurang atau ngedrop, untuk lebih jelasnya simak saja ulasan berikut ini.

Cara Mengatasi Mesin Diesel Berkurang
Apabila mesin diesel tersebut mengalami hal demikian, maka hal yangh perlu untuk dilakukan yakni dengan memeriksa dan memperbaikinya. Sebagian bisa anda lakukan sendiri dan terkadang memang harus membawanya ke bengkel karena mungkin anda tidak memiliki alat yang cukup lengkap untuk dapat memperbaikinya. Namun dalam hal ini anda juga harus mengetahui penyebab dan apa saja yang harus diperbaiki dalam mesin diesel yang mengalami tenaga menjadi berkurang.

Cek Kerenggangan Pada Katup
Dalam hal ini kerenggangan pada katup biasanya sangat berpengaruh sekali pada mesin diesel, maka dari itu anda harus menyetel ulang katup tersebut. Mintalah kepada mekanik langganan anda untuk menyetel ulang pada katup mobil diesel anda tersebut.

Mengganti Pada Fuel Filter
Dalam hal ini biasanya yang banyak terjadi yakni pada Fuel Filternya. Fuel Filter yang kotor akan menyebabkan tersumbatnya aliran bahan bakar dan akan sangat mempengaruhi pada tenaga mesin. Fuel filter yang berada di mobil diesel ada masa pemakaiannya. Dalam hal ini biasanya pemilik mobil diesel mengganti fule filternya setelah penggantian oli sebanyak dua kali. Maka dari itu anda mintalah pada mekanik untuk mengganti fuel filternya jika sudah lama belum anda ganti.

Membersihkan/Mengganti Air Filter/Filter Udara
Pada filter udara yang sudah kotor hal ini biasanya juga akan membuat tenaga mesin diesel menjadi berkurang dan tidak maksimal. Untuk mengatasi atau solusinya yakni dengan membersihkan dengan menggunakan udara bertekanan atau bisa juga dengan mengganti dengan yang baru jika filter udara sudah terlihat kotor sekali.

Mungkin dalan hal ini hanya itu saja yang bisa kami berikan untuk anda mengenai penyebab mengapa pada mesin diesel kurang bertenaga. 🙂 🙂

Demikianlah pembahasan mengenai [100% Ampuh] Cara Mengatasi Tenaga Mesin Diesel Berkurang semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

sumber: https://www.otodetik.co.id/cara-mengatasi-tenaga-mesin-diesel-berkurang/


PENJELASAN III
Penyebab Mobil Diesel Kurang Tenaga di Tanjakan dan Solusinya



Mobil diesel dikenal karena memiliki tenaga yang tinggi. Namun tetap saja ada beberapa hal yang menjadi penyebab mobil diesel kurang tenaga saat berada di tanjakan. Lantas bagaimana mengatasinya?

Sebelum kita mencari cara mengatasi masalah ini, kita perlu mencari tahu penyebab mobil diesel mengalami hilang tenaga sehingga tak mampu melewati jalur menanjak. Dengan demikian, kita bisa mencari solusi perbaikan, dan solusi mencegah muncul kembalinya masalah ini.

Penyebab Mobil Diesel Kurang Tenaga di Tanjakan
Cukup banyak hal yang dapat mengakibatkan hilangnya tenaga mobil. Hilang tenaga ini meliputi hal-hal seperti mobil ndut-ndutan, ngempos, ngeloss, brebet, dan tidak kuat nanjak.

Nah, ternyata lebih dari 90 persen masalah ini disebabkan hanya oleh 4 hal yaitu:

Ruang Mesin yang Kotor
Pemakaian solar sebagai bahan bakar jauh lebih menyisakan karbon ketimbang penggunaan bahan bakar bensin. Oleh sebab itu, tidak heran mobil diesel jauh lebih cepat kotor.Karbon yang menumpuk di dalam mesin dapat menyebabkan kinerja mesin menjadi turun, akibatnya tenaga yang dihasilkan mobil menjadi drop.Untuk mengatasi masalah ini, tidak ada cara lain selain membersihkan ruang mesin dengan melakukan tune up. Sementara untuk meminimalisir masalah kurang tenaga muncul, anda dapat melakukan beberapa hal, diantaranya memilih penggunaan oli mobil yang tepat, dan melakukan tune up secara berkala.

Ruang Pembakaran yang Bermasalah
Ada beberapa masalah yang kerap terjadi di ruang pembakaran, di antaranya saluran bahan bakar tersumbat, injeksi dan kompresi mesin yang tak mencapai tekanan diperlukan untuk pembakaran yang optimal, dan masalah-masalah lainnya.Salah satu gejala adanya masalah di ruang pembakaran menjadi salah satu penyebab AC mobil bau bensin.
Biasanya masalah pembakaran yang tak optimal ini juga terjadi karena adanya ada part yang bermasalah. Karena ada banyak sekali part yang ketika bermasalah akan menyebabkan mobil hilang tenaga, anda membutuhkan pengecheckan menyeluruh di bengkel mobil.

Setting ECU yang Salah
Kesalahan setting ECU mungkin saja terjadi. Biasanya karena terjadi kenaikan listrik yang tidak stabil sehingga membuat error sistem ECU mobil. Untuk mengatasi masalah ini sangat sederhana, cukup dengan melakukan remap ECU.REMAP dapat anda lakukan untuk meningkatkan tenaga mesin mobil diesel. Tak perlu menunggu penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan. Anda dapat meningkatkan tenaga mobil saat ini juga.

Penggunaan Ban
Menggunakan ban mobil yang terlalu besar, ataupun terlalu kecil dapat menyebabkan mobil diesel kurang tenaga saat berada di tanjakan. Untuk menyelesaikan masalah ini, anda dapat mengganti ban mobil dengan yang sesuai standart mobil.
Sebenarnya masih banyak faktor penyebab mesin mobil kurang tenaga. Namun keempat hal tersebut merupakan penyebab utama. Nah, sekarang bagaimana mencegah masalah kurang tenaga ini terjadi kembali?

Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil Diesel
Anda pasti ingin mobil dengan tenaga yang jauh lebih tinggi. Untuk mendapatkan mobil seperti itu, anda bisa mengupgrade performa mobil. Bagaimana caranya?

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk upgrade performa mobil, di antaranya adalah:

Piggyback Pro
Mobil diesel dapat dinaikkan performanya dengan setting bernama Piggyback Pro. Dengan setting ini, anda bisa mendapatkan kenaikan performa mobil yang meliputi naiknya tenaga mobil, meningkatnya akselerasi, dan lebih hematnya penggunaan bahan bakar.Satu-satunya bengkel yang bisa melakukan Piggyback Pro adalah Dokter Mobil.

Remap ECU Mobil
Untuk meningkatkan tenaga mobil secara drastis, remap ECU adalah solusinya. Ada beberapa kelebihan dari melakukan remap, yaitu mampu menaikkan tenaga mobil hingga lebih dari 40%. Selain itu, remap juga mampu meningkatkan akselerasi mobil ke tingkat yang mungkin tidak anda bayangkan sebelumnya.

Tune UP
Perawatan berkala ini dapat meningkatkan tenaga mobil karena dapat mengatasi penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan, seperti kerak karbon di dalam mesin, kotoran dan sumbatan di saluran bahan bakar, dan sebab-sebab lainnya.Dengan melakukan tune up, mobil diesel anda akan seperti baru, dan performanya akan jauh meningkat. Terutama jika mobil anda sudah lama tidak ditune up.

Itulah beberapa penyebab dan solusi mengatasi masalah kurang tenaga di tanjakan yang sering dialami oleh mobil diesel. Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan kirimkan melalui kolom komentar di bawah ini. Terimakasih.

sumber: https://doktermobil.com/penyebab-mobil-diesel-kurang-tenaga-di-tanjakan-dan-solusinya/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memperbaiki Mesin Diesel Susah Hidup

Cara Memperbaiki Mesin Diesel Kubota